Senin, 19 Maret 2012

Drama Cinta


MENGEJAR CINTA
OlehAni Lestari


Siang itu sangat panas, sinar matahari seakan menyengat kulit. Ditengah hiruk-pikuk Kota Surabaya nampak dari kejauhan 2 orang pemuda sedanag mengadu nasib dengan mengamen.lewat petikan gitar sederhana dan suara sendu yang keluar dari bibir meraka. Mereka mengamen untuk mencari tambahan guna membeyar keperluan kuliah mereka.
Ryo        : (nyanyi punk rock jalanan)
Rendi    : (mengiringi Ryo menyanyi)
Ryo        : “Udah yuk Ren?”  (sambil mengakhiri acara mengamen hari itu)

Ryo duduk dibawah pohon sambil menghitung uang hasil mengamen hari itu. Sementara rendi membenamkan kepalanya diatas rumput sambil memandang langit. Ia terpaku sejenak.
Ryo        : “Dapat berapa kamu Ren ?”
Rendi    : (tidak mendengar kata-kata sahabatnya itu)
Andaikan saja bapakku kaya, punya rumah bagus, banyak uang, rasanya tak mungkin aku mengamen di jalanan hanya untuk mebiyayai sekolahku.
Ryo        : (Mengagetkan Rendi) “Kamu mikirin apa Ren?”
Rendi    : (kaget) “Jangkrik kamu!”. “ Gangguin orang bermimpi kamu Yo. (agak lama) eh ngomong-ngomong kamu lapar gak?”
Ryo        : “Lapar banget-banget, kebetulan kau belum makan.”
Rendi    : “Kita makan di KFC yuk ! mau ga?”
Ryo        : “Mau sich, tapi duitnya dari mana?”
Rendi    : “Kita pakai dulu uang hasil ngamen?”

Ryo        : “Hush,,, ngawur kamu. Ini duit buat bayar kuliah kita. Sampai mati pun aku tidak  akan melepaskan cita-cita ku. Kamu masih ingatkan janji kita untuk bersama-sama  menggapai mimpi kita masing-masing. Pikirkan baik-baik kawan.”

                Rendi hanya terdiam  mendengar kata-kata sahabatnya itu.

Ryo        : “Andaikan andaikan. Ngimpi kamu Ren?”
Rendi    :”Apa salahnya beranda-andai Yp? Inilah yang bisa kita lakukan. Bermimpi........!”
Ryo        : “Ayolah kita pulang!”

Saat mereka sedang dalam perjalanan pulang. Ryo melihat perempuan yang berwajah pucat dan nampak sangat lemah, keluar dari Rumah Sakit.

Ryo        : “Ren, Ren! Coba lihat perempuan itu, sepertinya dia membutuhkan pertolongan kita! ayo cepat!”
Rendi    : “Ya ampun, Alifa? Aduh? Gimana nich ayo kita bawa masuk!”
Ryo        : “Ya... udah buruan diangkat, ngomong doang! “
Rendi    : (usai mengangkat Alifa)” Yo, buruan panggil dokter?”
Ryo        : “O... iya iya, kamu tunggu dia? Siapa tau dia nanti membutuhkan pertolongan”.

                (Beberapa lama kemudian, Alifa sadar dan kaget melihat Rendi disampingnya)
Alifa       : “A....a...aku dimana?”
Rendi    : “Alifa... kamu sudah sadar?”
Alifa       : “Heh... Rendi , kok kamu ada disini, ngapain?”
Rendi    : “Ohh...  aku tadi liat kamu pingsan didepan situ, jadi aku bawa masuk aja kamu
                kesini!”
Alifa       : “Makasih banyak ya Ren, ternyata kamu baik sama aku!”
Rendi    : (agak canggung). E.... i ....iya sama-sama, oya Alifa, aku keluar ya?”
Alifa       : “Ya udah, gak pa-pa kok, aku bisa nelpon orang tuaku, sekali lagi makasih ya!”
Rendi    : “Sama-sama! “
Alifa       : (berkata dalam hati). “Rendi apa udah berubah ya? Setau ku dia gak kaya gitu selama ini? Apa aku yang salah? Hhh... sudahlah. “
Ryo        : “Lho, kamu udah keluar Ren? Padahal aku baru masuk.”
Rendi    : “Sudahlah.... ayo!!!” (menarik Ryo keluar)

(Beberapa hari kemudian)
Ayu        : (duduk melamun didepan kelas, sebelum masuk kuliah) ketap... ketip...
Alifa       : “Hey... ngelamun aja?”
Ayu        : “Hha... Ifa, ngagetin tau!”
Alifa       : “Ngelamun mulu, awas ntar kesambet lo? Emang lagi mikirin apa sich? “
Ayu        : “Ryo Fa!”
Alifa       : “Kenapa? Ada apa dengan dia?”
Ayu        : “Sampai saat ini dia masih gak nganggep perasaan aku Fa. Padahal kan aku udah coba nunjukin perasaan aku ke dia, tentang perasaanku. Tapi dia tetep aja cuek, selalu begitu? “
Alifa       : “Udahlah Yu mikirin yang pasti-pasti aja, selama ini kamu terus-terusan mikiriin Ryo, padahal hasilnya nihil kan? Kenapa kamu gak nganggep ada Rendi yang selama ini perhatian sama kamu, iya kan? “
Ayu        : “Iya sich, tapi aku kan emang gak ada perasaan sama dia, aku tu Cuma nganggep dia itu temen, gak lebih kok!”
Alifa       : “Yu... Yu... kamu tu udah ada yang pasti, malah mikirin yang gak pasti!”
Ayu        : “Ya namanya kan cinta, begitu adanya! “
Alifa       : (menyaut) . “Halah, udahlah! Masuk yuk! “

                Disisi lain, Ryo juga sedang memikkirkan Ayu, yang selama ini udah perhatian sama dia. Tapi malah tidak dianggap oleh Ryo.
Amiran : “Bro! Lagi apa?”
Ryo        : “Galau...”
Amiran : “Wih... galau? sekarang kamu udah kena firus galau galau juga ya!? Kasian?”
Ryo        : “Aku tu lagi mikirin Ayu, Ran! Selama ini dia tu udah perhatian sama aku, tapi aku  gak pernah nganggep tu? Aku jadinya gak enak sama dia, takut nyakitin perasaannya.”
Amiran : “Yo, Ayu itu udah aku anggep sebagai adik kandungku sendiri, meskipun kami hanya sepupu. Aku tau seperti apa karakternya, dia itu? Gimana ya? Gak bisalah mikirin hal yang begitu berat. Aku takutnya, kalau sampe hal itu terjadi, itu bisa buat dia ngedrop!
Ryo        : tapi? Gimana ya Ran, aku juga gak bisa bohongin diriku sendiri!
Amiran : oh... itu? Gini yo! Aku udah lama kenal sama kamu, apalagi sama Ayu, adik sepupuku. Aku tau karakter kalian, a ku liat cocok kok,? Kenapa kamu gak coba buka hatimu buat dia dari sekarang! Kesempatan gak dateng 2 kali lho...
Ryo        : iya, aku tau soal itu, kamu kan kakak sepupunya, pasti kakmu tau kan, hal-hal mengenai Ayu yang harus aku ketahui, jadi, aku minta tolong sama kamu tentang hal itu... oke?...
Amiran : Eeh... temenmu ini bisa diandalkan kok,. .. ya udah, berhubung waktunya kita masuk kelas, ya ayo! Ngelamunnya nanti lagi?

                Sepulang mereka kuliah, Ayu dan Alifa bertemu dengan Rendi. Rendi ingin mengajak Ayu jalan-jalan, tapi ia menolak...
Ayu        : jadi, gimana nich buat besok?
Alifa       : ya udah, bisa diatur!
                (dari kejauhan Rendi berlari sambil memenggil Ayu)
Rendi    : Ayu... Ayu... tunggu!
Alifa       : tuh si Rendi, tungguin gih?
Ayu        : hhhh....
Rendi    : Yu, ntar malem ada acara gak? Kalo gak, aku mau ngajak kamu jalan! Gimana?
Ayu        : Rendi, aku mau ngerjain tugas yang tadi, kammu lupa?
Rendi    : o... iya, aku lupa! Ya udah, gimana kalo kita ngerjain bareng?
Ayu        : maaf ya Ren, aku gak bisa, permisi!
                (jalan cepat meninggalkan Alifa dan Rendi)
Rendi    : alifa, gimana nich? Sampai saat ini dia masih belum menerimaku?
Alifa       : tenang aja Ren, aku akan coba rayu &  yakinkan dia buat kamu, oke?
Rendi    : okelah..... aku mohon bantuan kamu ya?

                Seperti biasa, seepulang kuliah Ryo & Rendi ngamen untuk mencari uang tambahan, sebagai biaya kuliah agar mereka dapat meraih mimpinya. Dalam perjalanan, mereka bercerita tentang kejadian masing-masing saat uliah tadi.

Rendi    : aduh Yo,... aku tadi mau ngajak dia jalan, tapi dia menolak, huh payah!
Ryo        : siapa sich dia Ren,? Selama ini kamu Cuma nyebut dia aja, tapi gak pernah ngasih tau ke aku namanya, atau mungkin dia kuliah dimana gitu?
Rendi    : aaaah... itu urusan belakang ntar kalau udah jadian, aku kenalin ke kamu. Oke?
Ryo        : penuh tipu daya?
Rendi    : ye... sirik! Kamu iri ya ngeliat temenmu ini punya cewek dan menikmati indahnya pacaran
Ryo        : iri? Kenapa?
Rendi    : kamu belum punya kan?
Ryo        : sama kayak kamu Ren, aku bakal kenalin ke kamu kalo dah jadian, puas!
Rendi    : ya udahlah. Ayo, buruan feeling aku berkata kalau kita bakalan dapet tambahan banyak hari ini.
Ryo        : mudah-mudahan bener. Eh.... kamu tadi bilang feeling? Feeling atau insting? Hahaha.........
Rendii   : lu kira gua hewan? Ngaco lu?
Ryo        : hahaha... becanda bro...!

Saat mereka sedang berjalan, mereka bertemu dengan ayu dan alifa. Dari sinilah konflik antara 2 orang sahabat itu timbul.

Rendi    : Ayu? Sedang apa kamu disini?
Ayu        : Ryo.... ngapain? Ya ampun.. aku gx nyangka bakalan ketemu kamu disini!
Ryo        : iya... (dengan cuek)
Rendi    : Ayu? Kok kamu malah manggil Ryo, bukan aku? Emang dia siapa kamu?
Ayu        : lho? Ryo gx cerita ke kamu? Tentang aku?
Rendi    : Yo’... apa-apa an ini? Jadi ayu yang kamu bilang tadi?
Ryo        : eee.... Ren... Ma... Maafin aku, tapi aku gx bermaksud ....
Rendi    : (Menyela) Yo.. aku ga nyangka kamu bakalan menghianati temenmu sendiri? Kamu munafik!
Ryo        : e... aduh! Ren, gini... aku juga ga tau kalo cewek yang selama ini kamu omongin itu Ayu? Jadi, aku ga salah dong?
Rendi    : Yo, kamu emang udah bener-bener keterlaluan....

                Suasana memanas, disela-sela perdebatan itu, Ayu menelefon Amran untuk segera datang kesana dan menyelesaikan masalah ini, sementara Alifa ketakutan dan bingung melihat pertikaian antara 2 sahabat ini.
Ryo        : Ren.... aku bisa jelasin ke kamu! Kamu tenang dulu dong..
Rendi    : apa..! apa yang mau kamu jelasin ke aku? Udah cukup jelas kan?
Ryo        : Tapi....
Rendi    : Tapi ini semua udah jelas (menyela) dan mulai saat ini ga ada lagi persahabatan antara kita (melempar  & mebuang gelang persahabatn mereka)
Ryo        : Rendi.. tunggu Ren...

                Sebelum Rendi pergi terlalu jauh, saat itu Amran datang & memanggil Rendi. Tapi rendi tetap saja pergi.

Amran  : Rendi... tunggu Ren..!
Ayu        : Mas Amran tolongin aku dong, ini keadannya semakin parah !
Alif         : Yu.. gimana nich..kok jadinya kayak gini? (wajah cemas)
Ayu        : Mas, tolongin dong, aku kan jadi ga enak sama Ryo apalagi Rendi.. dia nampak marah banfet mas!
Ryo        : (duduk termenung sambil matanya berkaca-kaca memikirkan hal ini, mengapa bisa menjadi seperti ini) ini semua salah aku Ren... aku ga  pernah nganggep semua ini terjadi, akhirnya menimpa aku dan mengancam persahabatan ku dengan Rendi yang ssudah senasib seperjuangan denganku.
                (ayu menangis, dia sudah mulai drop)
Alifah    : Ayu udah Yu, ini bakalan selesai kok. (sambil menenangkan perasaan Ayu)
Amran  : kita semua ssalah dalam hal ini, aku terlalu egois mebujukmu Yo, untuk menerima Ayu yang padahal Ayu adalah cewek idaman sahabatmu. Rendi juga salah karena dia selama ini ga pernah jujur ke kalian terutama ke kamu Yo. Dan kamu Ayu, kamu ga pernah menganggap perasaan Rendi yang udah berharAap besar ke kamu. Aku tau perasaan kalian sekarang.  Tapi betapa pun besarnya masalah yang kalian hadapi, allah pasti memberi jalan keluarnya, karena Alloh itu menguji manusia sesuai dengan kemampuannya dan aku yakin pasti mapu. Ayu masih menangis dan Alifa tetap berusaha menenagkan Ayu.

                Suatu hari Alifa bertemu dengan Rendi an Alifa berhasil menceritakn semua kekeliruan ini dan menerangkan jalan keluarnya. Dari situlah Rendi mulai sadar atas perhatian yang Alifa berikan paanya. Rasa itu tumbuh dari mereka berdua. Dan akhirnya Rendi & Ryo berteman kembali.

Amran : rendi... ryo... ayu.. dan alifa aku kumpulkan kkalian disini untuk meluruskan masalah yang kita hadapi bersama.
Rendi    : sama-sama Yo, (mereka berpelukan)
Amran  : nach.. gitu dong..kan dilihatnya, ga ada kekeliruan yang terjadi
Ayu        : makasih ya mas... mas Amran ini mmang paling bisa di andalkan ga sia-sia aku punya kakak sepupu kaya Mas Amran..
Amran  : Alah.. kamu (sambil mengusap kepala Ayu)
Alifa       : Aku juga makasih sama Mas Amran yang sudah mengkondisikan ini semua.
Amran : Berterimaksihnya pada Alloh SWT. Alooh yang telah menakdirkan ini semua, BETUL!!!
Semua  : betul....

                Akhirnya semua masalah itu selesai, waktu berlalu hingga mereka lulus kuliah dan telah berhasil meraih mimpi yang mereka idam-idamkan selama ini.

>>>TAMAT<<< 
^_^

1 komentar: